Khutbah tentang bencana di bawah ini akan membahas modal besar menghadapi musibah
Khutbah pertama
ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪ
اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـم
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْـمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَظِيْمِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: وَاِنْ كَانَ ذُوْ عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ اِلٰى مَيْسَرَةٍۗ وَاَنْ تَصَدَّقُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
Sidang Jumat yang dimuliakan Allah..
Mari kita meningkatkan takwa kita kepada Allah. Agar kita menjadi umat yang berbahagia.
Musibah akibat banjir dan letusan gunung berapi dan banyaknya bantuan yang datang untuk para korban yang terdampak mengingatkan kita akan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ (رواه مسلم)
Maknanya: “Barang siapa meringankan suatu kesulitan dunia dari seorang mukmin, maka Allah ringankan darinya kesulitan di antara kesulitan-kesulitan di hari kiamat. Barang siapa memudahkan bagi orang yang kesulitan, maka Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim)
Menghadapi musibah butuh modal besar dalam menghadapi musibah adalah sistem sosial baik yang sudah berjalan bertahun-tahun di masyarakat. Jauh sebelum sistem formal seperti Dinas Sosial yang mengurusi bantuan untuk masyarakat terdampak bencana berlaku di Indonesia.
Sistem sosial sudah berlaku yaitu berbagi makan ke tetangga. Bahkan saat perang kemerdekaan, masyarakat membantu pejuang dengan menyediakan stok makan saat gerilya. Tanpa bekal, bisa jadi pejuang tidak kuat dalam berperang.
Mana yang bagus sistem kerja kiai apa modern. Keduanya sama bagusnya. Sistem modern seperti dinas sosial berguna untuk hal besar dan tidak mendesak. Sistem sosial ala kiai berguna untuk hal mendesak.
Ketika terjadi kecelakaan, secara sistem sosial ala kiai, yang harus menolong adalah orang terdekat. Tidak menunggu datangnya Satlantas. Begitu juga saat ada yang tenggelam, yang harus menolong adalah orang terdekat.
Sidang Jumat yang dimuliakan Allah..
Kalau kiai, semua ditolong. Kalau modern, ada sistem kerjanya. Tidak usah menunggu Satlantas untuk merawat kecelakaan. Kalau ketemu orang tenggelam, jika mampu, maka tolong. Tidak menunggu SAR. Perintah Allah di Al-Qur’an:
وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ
”Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat.”
Fungsi sistem sosial bisa dilihat saat terjadinya pandemi Covid-19. Sistem sosial bekerja secara masif. Masyarakat saling menolong dan berkirim obat atau makanan. Tidak kenal agama dan suku.
Khutbah Jum’at: Renungan di tengah Musibah
Di beberapa daerah banyak masjid yang bersebelahan dengan gereja melakukan kegiatan sosial. Banyak orang muslim kerja bareng Kristen. Ini modal sosial yang bagus. Dari dulu baik-baik saja. Dari dulu sistem pertanian masyarakat juga berjalan tanpa ada rapat pemerintah.
Jangan lembaga formal resmi ada, lalu menghilangkan tatanan sosial. Sistem model dinas resmi kita dukung. Namun, sistem sosial adalah segala-galanya. Sistem sosial ini penting dijelaskan agar setiap orang punya tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitarnya.
Sehingga tanggap setiap ada peristiwa yang terjadi bukan malah ditinggal pergi. Tanggap maksudnya dimulai dari siklus terkecil yaitu dirinya sendiri lalu keluarga dan kemudian masyarakat sekitar.
Jika ada anak yang terlantar maka yang harus tanggung jawabnya adalah orang tuanya. Bukan menyalahkan pemerintah terus.
Hadirin yang dimuliakan Allah…
Orang yang memiliki tanggung jawab sosial tidak mudah menyalahkan orang lain ketika terjadi sebuah musibah. Karena setiap orang punya tanggung jawab dalam sistem sosial. Tidak dilempar ke dinas resmi.
Modal menghadapi musibah kedua yaitu bahagia dengan diri sendiri. Bahagia di sini bukan bermaksud egoisme, tapi menerima nikmat yang sudah ada dan tidak sibuk melihat nikmat orang lain. Seringkali seseorang itu mengatakan bahwa orang lain itu hidupnya enak dan semua keinginannya mudah tercapai.
Sehingga ingin merebut nikmat orang lain. Padahal tidak begitu adanya. Banyak hal yang tidak bisa diwujudkan hanya dengan modal uang. Barakahnya mengurus diri sendiri dan keluarga sendiri yaitu tidak menyibukkan diri menyalahkan orang lain. Dengan seperti itu enak. Tidak terjadi konflik.
Orang kaya belum tentu bisa mewujudkan semua keinginannya dengan harta yang dimiliki. Hal ini dikarenakan keinginan setiap orang berbeda. Orang kaya bisa jadi keinginannya bukan lagi makan enak saja, tapi ingin menjabat dan itu tidak pernah terwujud karena tidak dipilih.
Setiap orang ada porsi dan kemampuan masing-masing. Fokus pada kemampuan diri. Agama tidak mengajarkan melakukan di luar kemampuan atau iri.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah Kedua
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ