tebuireng.co – Menyoal Sesajen: Muslim Budaya versus Muslim Hijrah, menarik untuk dibahas akhir-akhir ini. Kasus pembuangan sesajen yang tadinya sengaja ditaruh di sekitar gunung Semeru belum lama ini, langsung viral dan bahkan berujung pelaporan ke pihak kepolisian. Tindakan tersebut dianggap arogan dan tidak mencerminkan sikap Muslim yang berakhlakul karimah terhadap perbedaan. Bagi sebagian Muslim, menyatakan sesajen itu sebagai perbuatan syirik itu tidak jadi soal, selama bisa saling menghargai satu sama lain. Tidak main hakim sendiri, tidak berasa benar sendiri, apalagi disertai sikap arogan seperti itu.
Mula-mula kita harus memahami bahwa aliran kepercayaan, Ormas atau sekte dalam Islam itu banyak macamnya. Kasus sesajen ini hanya bom waktu yang skalanya kecil saja. Betapa di zaman modern seperti sekarang ini rivalitas antara Muslim budaya dan Muslim hijrah tak terhindarkan. Sebagai Muslim yang baik, menyembah atau meyakini kepada selain Allah jelas tidak dibenarkan. Hanya saja di sinilah letak perbedaannya, di mana menurut Muslim budaya bahwa sesajen itu tetap diperbolehkan hanya sekadar perantara, bukan berarti dijadikan objek sesembahan. Sementara bagi Muslim hijrah, sesajen itu tetap musyrik, haram dan berdosa besar.
Baca Juga: Hijrah Masa Kini, antara Gagal Paham dan Gaya
Muslim hijrah ini bagian dari perkembangan dakwah Islam yang tak bisa dielakkan. Dakwah Muslim hijrah yang dulu dianggap konyol dan konservatif, justru semakin dianggap syar’i. Sebagai bentuk komitmen iman seorang Muslim yang tak bisa ditawar-tawar. Entah kenapa dakwah hijrah semakin diminati, seiring dengan canggihnya teknologi, dakwah hijrah malah semakin pesat. Sesuai dengan namanya “hijrah”, umat Muslim berbondong-bondong melakukan hijrah secara kaffah. Mulai dari cara berbicara, berpakaian, bergaul, tak terkecuali dari cara melakukan ritual. Ritual sesajen yang semakin ditinggalkan.
Jangankan di mana-mana, di Cirebon saja, budaya leluhur seperti sesajen semakin ditinggalkan. Di satu daerah misalnya, masih di Cirebon, yang selama ini secara turun-temurun menyelenggarakan selametan nadran atau pesta laut, kini justru semakin ditinggalkan. Bahkan saya pernah mendengar sendiri cerita di mana mantan para pegiat budaya nadran, kini justru semakin meninggalkannya. Memang budaya nadran di Cirebon kerap dibarengi dengan hura-hura, arak-arakan, dan lainnya, yang kemudian justru menodai kemuliaan budaya nadran.
Wallaahu a’lam
*Oleh: Mamang M Haerudin (Aa), Pesantren Bersama Al-Insaaniyyah (11 Januari 2022, 5.58 WIB)